Sunday, October 4, 2009

Teguran Gempa Padang 30 Sept 2009.

Gempa yang terjadi tepat di sore hari Rabu, 30 September 2009. Waktu terjadinya gempa pertama jam 17:16 WIB dengan kekuatan lumayan hebat sebesar 7,6 SR (Skala Ritcher) pada kedalaman 71 KM, dengan episentrum 0.84 LS dan 99.65 BT atau tepatnya 57 KM sebelah Barat Daya Pariaman.
Gempa kedua (susulan) dengan kekuatan 6.2 SR tepat pada jam 17:38 WIB dengan lokasi 22 KM Barat Daya Pariaman, Episentrum gempa pada koordinat 0.72 LS dan 99.94 BT dengan kedalaman 110 KM di bawah laut.

Jika kita lihat waktu terjadinya gempa pertama (jam 17:16 WIB) dan gempa susulan (jam 17:38 WIB). Dan Jika kita menyamakan / mengaitkan Jam terjadinya gempa tersebut dengan dengan Firman Allah SWT pada Al-Qur'an Surat ke 17 (Surat Al-Isra).

Kita bahas satu persatu dengan detail:
1. Gempa Pertama jam 17:16 WIB, Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 16:
Artinya:
"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang yang hidup mewah di negeri itu (agar mentaati allah), tetapi bila mereka melakukan kedurhakaan di dalam (negeri) itu,maka sepantasnya berlakulah terhadapnya perkataan (Hukuman Kami), kemudian Kami binasakan sama sekali (negeri itu).

2. Gempa Susulan (jam 17:38 WIB), Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 38:
Artinya:
"Semua itu (Keterangan) kejahatannya sangat dibenci disisi Tuhanmu".

Keterangan:
Semua larangan yang disebut pada ayat 22, 23, 26, 29, 31, 32, 33, 34, 36 dan 37 pada Surat Al-Isra.



Dan jika kita lihat larangan - larangan satu persatu dengan detail:
Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 22:
Artinya:
Janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain disamping Allah, nanti engkau menjadi tercela dan terhina.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 23:
Artinya:
Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada Ibu Bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua - duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 26:
Artinya:
Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 26:
Artinya:
Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan jangan (pula) engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 31:
Artinya:
Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 32:
Artinya:
Dan janganlah kamu mendekati Zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 33:
Artinya:
Dan janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar Dan barang siapa dibunuh secara zalim, maka sungguh, kami telah memberi kekuasaan kepada walinya, tetapi janganlah walinya itu melampaui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 34:
Artinya:
Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggung jawabnya.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 36:
Artinya:
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggung jawabannya.

Surat ke 17 (Surat Al-Isra) ayat 37:
Artinya:
Dan jangan engkau berjalan di bumi dengan sombong, karena sesuangguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung

Semoga teguran ini menjadikan kita untuk bertobat dan kembali kejalan Allah dan berkoreksi diri. Dan lebih Sujud dan Ibadah hanya karena Allah SWT. Ar-Rahman, Ar-Rohim, Robball Alamin.

6 comments:

Aryo Halim said...

Ya Indonesia terletak di daerah rawan gempa, jadi ini PR buat para developer untuk membangun rumah yg tahan gempat

aryo halim said...

sekalian test nama blog baru

irfanonview said...

Wow!...Subhanallah. Amazing!...Artikelnya keren. Benar-benar membuka mata hati sobat...

sifa said...

Subhanallah, semoga kejadian gempa tersebut membuat kita semua tersadar untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan tuk saudara kita yang terkena musibah gempa di beri kesabaran dan ketabahan..amin..

blogserba said...

great Post Sob, sungguh akurat dalil naqlinya, Salute buat Sobat satu ini.
Emang kita juga sbg bangsa Indonesia berduka atas disaster tsb, Smga bencana itu membuat diri bangsa Indonesia lebih mengintrospeksi diri masing-masing agar kita selamat dari segala bala dan marabahaya. Amiin !!

ipin said...

"Kita semua berharap semoga tidak terjadi bencana alam di muka bumi ini " sunnatulloh kejadian bencana yang terjadi akibat makhluk ciptaannya sudah melanggar batas-batas ketentuan NYA " jika kita tengok ke belakang berapa banyak ummat yang telah di binasakan NYA akibat kufur terhadap Pencipta Alam semesta.

 
© free template by Blogspot tutorial