Thursday, August 6, 2009

Keutamaan Shalat Wajib

Keutamaan Shalat Wajib (5 waktu) adalah
1. Shalat dapat mencegah pelakunya dari melakukan perbuatan yang keji (buruk) dan mungkar (melanggar perintah Allah). Hal ini dinyatakan dalam Al-Qur'an surat Al-Ankabuut ayat. yaitu:
Artinya:
".... dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat dapat mencegah (pelakunya) dari perbuatan yang keji dan mungkar ..." (Al-Ankabuut, ayat 45).

Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar adalah shallat yang dilakukan sesuai dengan rukun dan syarat yang telah di tentukan, dilaksanakan dengan khusyu, penuh penghayatan terhadap keagungan dan kebesaran Allah, serta menghayati makna setiap bacaan yang dibacanya. Shalat itu dilakukan dengan Ikhlas, hati yang tulus.

2. Shalat dapat menghapus dosa-dosa kecil yang tidak pernah luput dari kehidupan manusia di dunia ini.
Hadis Rasulullah saw, bersabda:

Artinya:
"Bagaimana pendapatmu, seandainya didepan pintu salah seorang diantara kamu ada sebuah sungai yang dipergunakan untuk mandi setiap hari sebanyak 5 kali, apakah masih ada kotoran yang menempel di badannya?" Para sahabat menjawab: "Tidak ada kotoran yang tersisa sedikitpun!" Nabi berkata lagi: "Begitulah perumpamaan shalat 5 waktu. Dengan shalat 5 waktu tersebut Allah akan menghapus dosa-dosa." (Muttafaqun Alaih)

Dalam hadis lain diceritakan bahwa Rasulullah saw pernah keluar pada musim dingin bersama Abu Zarr Al-Ghifari. Ditengah perjalanan beliau mengambil 2 dahan (cabang batang pohon). Kemudian kedua dahan itu digoyang - goyangkan sehingga daun yang ada pada cabang batang pohon itu berjatuhan. Setelah itu beliau berkata kepada kepada Abu Zarr : "Wahai Abu Zarr! Sesungguhnya seorang Islam yang mengerjakan shalat dengan sungguh - sungguh, dan dilakukan semata-mata karena mengharapkan keridhoan Allah, maka dosa - dosa yang pernah ia lakukan akan rontok seperti dedaunan yang rontok dari dahannya ini."




0 comments:

 
© free template by Blogspot tutorial